Pengenalan Umum Tentang Pompa

pengenalan-pompa-csm

Dalam kehidupan sehari-hari, pompa sangat penting keberadaannya. Baik itu pompa air, pompa angin maupun pompa-pompa untuk kebutuhan lainnya. Namun yang akan kita bahas di sini dan memang menjadi fokus website jualpompa.com milik PT. Cahaya Sakti Mandiri adalah mengenai pompa air (liquid). Berikut pengertian dan sedikit gambaran mengenai pompa air (liquid) dan fungsinya :

Definisi dan Fungsi Pompa
Pompa dapat didefinisikan sebagai penambahan energi untuk menggerakkan fluida (cairan) dari suatu tempat ke tempat lainnya. Oleh karena energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja, maka penambahan energi akan menggerakkan / mengalirkan fluida melalui pipa atau memindahkan ke tempat yang lebih tinggi atau tekanan yang lebih tinggi.

Jenis-jenis Pompa di Tinjau dari Cara Kerja
Berdasarkan cara kerja, pompa dapat diklasifikasikan menjadi 3 bagian utama, antara lain :

1. Centrifugal Pump
Centrifugal Pump atau pompa pusingan adalah salah satu pompa dimana prinsip kerjanya berdasarkan gaya centrifugal atau gaya yang bekerja mengarah pada poros Shaft. Jenis pompa ini dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu :
– Centrifugal Single Stages
– Centrifugal Multi Stages
– Centrifugal Volute Pump
– Centrifugal Regenerative Turbine Pump (memiliki banyak Impeller)
– Centrifugal Vertical Turbine (memiliki banyak Impeller, tetapi dalam pemasangan diposisikan Vertical)
– Centrifugal Mixed Flow Pump
– Centrifugal Axial Flow Pump
– Centrifugal Radial Flow

2. Rotary Pump
Rotary Pump atau pompa putaran yang menggunakan rantai sebagai penggerak digolongkan ke Positive Displacement Pump, yang artinya yaitu pemindahan sejumlah cairan secara konstan tanpa dipengaruhi kapasitas dan tekanan.
Dengan demikian pengoperasian tidak boleh dilakukan penutupan secara menyeluruh pada pipa pengeluaran (Shut-Off) karena akan mengakibatkan kerusakan pada pompa atau penggerak atau instalasinya. Jenis pompa ini dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu :
– Gear Pump (Pompa Roda Gigi)
– Screw Pump (Pompa Ulir) 
– Lobe Pump

3. Reciprocating Pump
Reciprocating Pump adalah jenis pompa yang memiliki prinsip kerja seperti Rotary Pump, yaitu pompa yang pengoperasiannya tidak boleh dilakukan penutupan secara menyeluruh pada pipa pengeluarannya (Shut-Off)
Jenis pompa ini dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu :
– Gear Pump (Pompa Roda Gigi)
– Screw Pump (Pompa Ulir) 
– Lobe Pump

Demikian sedikit pengenalan mengenai pompa air. Barangkali ada kritik, tambahan atau masukan dari rekan-rekan pengunjung website akan sangat kami hargai dan sangat membantu untuk kerapihan website ini.

Tinggalkan Balasan