Titik Kerja Pompa

Titik kerja pompa

Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan mengenai titik kerja pompa, karena hal ini sangat penting sekali untuk menentukan kebutuhan pompa Anda.

Titik kerja pompa merupakan suatu kondisi dimana pada Head tertentu didapat Kapasitas, Efisiensi, NPSH (Nett Pressure Suction Head) dan Daya poros tertentu.
Ada beberapa hal yang berkaitan dengan Titik Kerja Pompa, diantaranya :

1. Perubahan titik kerja pompa 
Perubahan titik kerja pompa akan dipengaruhi oleh data-data teknis dari pompa, sedangkan perubahan Speed akan merubah kurva pompa.
Perubahan Viscositas akan merubah kurva pompa. Jika Viscositas dari fluida yang dipompa bertambah besar (pada kecepatan putaran dan tipe pompa yang tetap), maka akan mengakibatkan Kapasitas, Total Head, Efisiensi pompa menurun dan Power Input akan naik.

2. Daya pompa 
Yang dimaksud daya pompa adalah Power Input dari pompa, yaitu energi mekanik pada kopling atau Shaft pompa yang diserap dari penggerak.
Power Input pompa dapat dilihat dari kurva pompa. Jadi untuk berat jenis lainnya, Power Input pompa harus dikonversi lagi.

3. Power dari penggerak 
Karena titik kerja pompa centrifugal dapat berubah serta untuk memperhitungkan efisiensi pada motor penggerak, akan mengakibatkan berubahnya Power Input dari pompa. Maka untuk menentukan Power penggerak (Power Running) biasanya harus ditambahkan Safety Factor.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai titk kerja pompa, semoga artikel ini bisa berguna dalam memperhitungkan kebutuhan pompa Anda.

Jika ingin berkonsultasi seputar kebutuhan pompa, filter dan control panel jangan ragu untuk menulis komentar atau langsung menghubungi Contact Person PT. Cahaya Sakti Mandiri.

Tinggalkan Balasan